Bro sis, telah tidak sedikit dari teman-teman blogger yg membahas masalah New Vixion Lightning yg ngebul alias ke luar asap putih slim waktu gas di geber dalam. Telah tidak sedikit serta owner NVL yg mengeluhkan keadaan tersebut. Namun kokhingga kala ini Yamaha belum laksanakan aksi apapun…apakah ngebul NVL tetap termasuk juga keadaan normal??
Dari sekian banyak analisa para owner & mekanik bengkel, tidak sedikit yg sepakat permasalahan ada terhadap ring pistonnyayg kurang tahan geber. Akibatnya ada rembesan oli yg ikut masuk ke dalam lokasi bakar. Analisa yang lain seperti gambar berikut ini..
Lantas dengan cara apa tanggapan Yamaha???
Menjadi pihak Yamaha sendiri sebenarnya telah tahu berkenaan keluhan itu. & solusi dari Yamaha adalah menyarankan supayalaksanakan treatment (perlakuan) yg tepat bersama tutorial pabrik. Dulu dengan cara apa treatment yg dianjurkan itu??
“Kalau benar-benar treatment-nya tepat dgn aturan pabrik & timbul keluhan, alangkah baiknya apabila diklaim ke bengkel resmi. Lebih-lebih PT Yamaha Indonesia Motor Manufakturing (YIMM), memberikan garansi 5 thn.
Apa benar keluarnya asap putih dari knalpot, itu akibat dari adanya masalah dalam ruangan bakar??? Jangan-jangan kiatdeteksinya dgn menggeber mesin motor hingga 8000 rpm & seandainya itu yg dilakukan, motor manapun dapat mengelurkan asap,” kata M. Abidin, GM Service dan Motorsport YIMM.
“Kalau benar-benar benar ada masalah dalam area bakar & dalam aspek ini mengenai silinder blok, piston & ring piston, berarti itu akibat kurang sempurnanya pelumasan. Ini berkenaan erat bersama pemakaian oli. Oli Yamalube Sport semisintetis Ber-SAE 10W-40 seharga Rupiah 40 ribu ini adalah oli petunjuk yg menciptakan keadaan mesin konsisten terjaga. & dianjurkan membeli oli di bengkel resmi Yamaha. Jikalau oli telah pas arahan pabrik, “Jangan sempat menunggu 3.000 kilo meter baru ubah oli &pemakaian oli pas pedoman pabrikan bakal menciptakan garansi senantiasa aman” Kata Eko Wibowo, Kepala Mekanik Yamaha Samudera Joglo, Jl. Joglo Raya, Jakbar.
Dari spesifikasi Yamaha di atas kesimpulannya seandainya tak mau NVL anda ngebul…,
▶ Melaksanakan treatment yg dianjurkan pabrik.
▶ Janganlah geber motor lebih dari 8000rpm
▶ Gunakan oli rekomendasi pabrik (Yamalube Sport semisintetis)
▶ Ganti oli jangan sampai menunggu hingga 3000km
▶ Kalau treatment telah benar, masihlah bermasalah, cepat klaim ke bengkel resmi Yamaha.
Nah, loh…makanya janganlah senang ngebut gunakan NVL, atau geber NVL anda lebih 8000rpm & janganlah lupa gunakan oli Yamalube Sport supaya gak ngebul…
Gimana menurut brosis tutorial dari Yamaha ini??